Selamat Datang di Blog Kami. Semoga Info Tentang Indonesia Yang Ada di "Indonesiaku" Dapat Beguna Bagi Anda Sekalian. Kita Semua INDONESIA !

Minggu, 24 Oktober 2010

Sedikit Tentang Kebangkitan Nasional

Gambar Ilustrasi
Kebangkitan Nasional, sesuai dengan namanya adalah masa kebangkitan Indonesia dari jajahan kaum tak bermoral. Kebangkitan Nasional merupakan masa yang sangat penting karena di masa ini terjadi dua persistiwa yang sangat penting yaitu Ikrar Sumpah Pemuda dan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Di posting sebelumnya saya telah menjelaskan tentang Sumpah Pemuda dengan judul Sejenak Tentang Sumpah Pemuda. Sekarang saya akan menjelaskan sedikit tentang Boedi Oetomo dan Kebangkitan Nasional itu sendiri.

Berdirinya partai politik pertama pada masa Hindia-Belanda, Indische Partij yang didirikan oleh Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo, dan KH Dewantara. Tiga tokoh itulah yang mendirikan Indische Partij. Kemudian diikuti beberapa tokoh mendirikan organisasi-organisasi seperti Serikat Dagang Islam yang didirikan oleh Haji Samanhudi, kemudian KH Ahmad Dahlan dengan Muhammadiyah (Yogyakarta). Beberapa organisasi juga muncul pada masa ini.


Selanjutnya saya akan menjelaskan sedikit tentang Boedi Oetomo.
Boedi Oetomo merupakan organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi ini murupakan titik awal untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. Sampai saat ini tanggal berdirinya Boedi Oetomo, 20 Mei di peringatai sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Beberapa Tokoh Kebangkitan Nasional :
Sutomo (Bung Tomo

Sutomo lahir di Surabaya dan Meninggal di Arab Saudi. Dikenal sebagai pembangkit semangat rakyat dalam mwnghadapi tentara NICA. Dikenal masyarakat dengan nama Bung Tomo. (Wikipedia)










     
KH Dewantara
KH Dewantara lahir di Yogyakarta tanggal 2 Mei 1889 dan meninggal di Yogyakarta pada umur 69 tahun. Merupakan aktivitis pergerakan kemerdekaan Indonesia, politis, dan pelopor Pendidikan Indonesia. Salah satu tokoh penting Kebangkitan Nasional. (Wikipedia)











Douwes Dekker
E. Douwes Dekker (Multatuli) lahir di Amsterdam, Belanda dan meninggal di Jerman pada usia 66 tahun. Penulis terkenal dengan bukunya yang berjudul Max Havelaar. Salah satu tokoh Kebangkitan Nasional. (Wikipedia)














Dr. Cipto Mangunkusumo
Dr. Cipto Mangunkusumo lahir di Ambawara, Semarang dan meninggal di Jakarta. Seorang tokoh pergerakan Kemerdekaan Indonesia bersama KH Dewantara dan Douwes Dekker (Tiga Serangkai). Merupakan tokoh Indische Partij juga. (Wikipedia)









Makna yang bisa kita ambil dari Hari Kebangkitan Nasional :
  1. Memperbaiki moral rakyat.
  2. Memajukan pendidikan demi terciptanya negara yang cerdas.
  3. Pemerintahan bebas dari KKN.
  4. Perekonomian dan sosial membaik.
  5. Indonesia mempunyai nama di kancah Internasional.


Video diatas bisa memberi pengetahuan tambahan bagi anda tentang seberapa dalam makna Kebangkitan Nasional.
Demikian Sedikit Tentang Kebangkitan Nasional semoga bermanfaat.




Referensi :

  1. http://tozmedia.blogdetik.com/2010/05/19/makna-kebangkitan-nasional-setelah-64-tahun-indonesia-merdeka/
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Kebangkitan_Nasional_Indonesia
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Indische_Partij
  4. http://YouTube.com/

0 komentar:

Posting Komentar